Cara Menguras atau Flashing Sumur Bor

Jasa Pengurasan atau Flashing Sumur Bor Dalam Yogyakarta dan Jawa Tengah


I. Menguras Sumur Bor
Mengapa harus menguras sumur bor, yang pasti air bau karena kemasukan binatang atau air keruh karena pendangkalan di dalam lubang sumur bor tersebut. Air keruh karena pendangkalan bisa terdeteksi dalam aliran pompa air sumur tersebut yang semakin lama semakin pelan, dikarenakan daya hisap pompa air lebih besar dari padi keluarnya sumber air dalam sumur bor dengan kata lain tidak balance. Terjadinya pendangkalan disebabkan oleh pasir di lubang sumur bor kemungkinan besar pasir tersebut melewati screen pipa sumur bor.

II. Maksud dan Tujuan Pengurasan Sumur Bor
Kondisi baik Sumur Bor Jet Pump atau Sumur Bor Dalam, apabila sudah lama tidak digunakan kami sarankan untuk melakukan tindakan Flashing atau Pengurasan dulu sebelum di pasangi mesin pompa air baik Pompa Air Jet Pump maupun Submersible Pump untuk pengambilan air.

Adapun Tujuan Flashing atau Pengurasan Sumur Bor :
1. Mengatasi air sumur yang keruh dan bau
2. Mengatasi sumur penuh dengan lumpur atau sumur bor mengalami pendangkalan.

Contoh Pengurasan atau Flashing Sumur Bor di salah satu Instansi Pemerintah di Yogyakarta


III. Peralatan Menguras Sumur Bor
- Tiang Menara / Penyangga dari Besi
- Kawat Sling / Tali Baja
- Tanggem 3 inch
- Kunci Pipa 2,5 inch
- Pengait Besi
- Pipa Pralon 1 1/4 inch 80 meter
- Kompresor 5 HP
- Selang Kompresor 100 meter

IV. Prosedur Menguras Sumur Bor
1. Merangkai tiang  menara/penyangga dari besi beserta kawat sling diatas sumur bor yang mau dikuras. Kawat sling berfungsi untuk menarik keatas pipa pompa air.

2. Setelah dibuka penutup lubang sumur, kawat sling yang ujungnya ada pengaitnya, turunkan sampai bawah, kaitkan pengait tersebut dengan pipa pompa air yang sudah terikat.

3. Mengangkat pipa pompa air sampai sambungan pipa kelihatan (panjangnya kurang lebih 6,5 meter) sebelum sambungan pipa dibuka dengan kunci pipa, kunci dulu pipa sambungan  bagian bawah dengan menggunakan tanggem posisi tidur agar pipa pompa tidak jatuh ke sumur. Selanjutnya sambungan pipa tadi sudah bisa dibuka dengan kunci pipa, Hal ini dilakukan sampai pompa air terangkat.

4. Setelah pompa air terangkat, bersihkan dan dicek apa ada kerusakan ( bacacara servis submersible pump )

5. Menghidupkan Kompresor angin yang sudah terangakai dengan selang, pada saat ini kran angin posisi tertutup.

6. Mengikat ujung selang kompresor kuat-kuat dengan ujung pipa pralon diameter 1 1/4 inch, yang sudah tersambung. Kemudian masukan kedalam lubang sumur sampai dasar, sisakan 2 meter pipa pralon diameter 1 1/4 inch diatas lubang sumur.

7. Menutup lubang sumur dibagian atas, pastikan kuat dan rapat agar angin dari kompresor hanya keluar dari pipa pralon diameter 1 1/4 inch.

8. Seteleh semuanya siap kran kompresor angin yang dihidupkan sudah bisa dibuka, pegang dengan kuat pipa pralon 1 1/4 inch yang disisakan diatas lubang sumur bor tadi, air keruh beserta pasir dan kerikil akan terangkat keatas melewati pipa pralon 1 1/4 inch tersebut.

9. Lakukan sampai mendapatkan air yang bersih, jernih dan tak berbau.

Secara garis besarnya seperti itu cara menguras sumur bor, semoga bisa bermanfaat untuk semuanya.

Subscribe to receive free email updates: