Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara mendeteksi sumber air

Cara mendeteksi sumber air

Cara Menentukan Sumber Air (Akuifer) dengan beberapa Metode

Menentukan atau mencari sumber air khususnya air tanah untuk sumur bor harus dilakukan dengan teknik yang tepat hal ini bertujuan supaya pengeboran bisa memperoleh hasil sumber air yang melimpah.

Seringkali terjadi kegagalan tidak dapat menemukan sumber air meskipun pengeboran tanah sudah dilakukan hingga kedalaman tertentu (misal kedalaman 30 m) karena perencanaan awal yang salah.

Air tanah atau Sumur merupakan salah satu cara untuk mendapatkan sumber air yang paling banyak digunakan oleh masyarakat karena selain cukup mudah mendapatkannya, memiliki sumber air sendiri akan lebih nyaman dan bebas dalam penggunaannya sepanjang waktu.

Ada beberapa cara untuk menentukan Sumber Air sebelum kita melakukan Pengeboran Air Tanah atau Pembuatan Sumur Bor diantaranya :

1. Metode Geolistrik
Metode Geolistrik merupakan teknik menentukan titik pengeboran dengan lokasi yang memiliki sumber air yang banyak. Metode ini sendiri memerlukan lahan untuk dilakukan survey untuk mencari sumber air yang banyak didalam tanah.

Dengan menggunakan teknik Tahanan maka akan dapat ditentukan Sumber Air yang disesuaikan dengan Jenis Tanah, sehingga dapat ditentukan kedalaman yang tepat untuk mendapatkan Sumber air yang melimpah, tentunya dengan kwalitas air yang baik.

2. Metode Geo Electromagnetic Satellite Scan
Penentuan titik pengeboran dengan metode Geo Electromagnetic Satellite Scan (Belah Bumi) lebih akurat dibandingkan dengan menggunakan peralatan Geolistrik.

Geo Electromagnetic Satellite Scan membaca air yang mengalir di dalam tanah sehingga untuk pengeboran jarang sekali mengalami air kering setelah proses pengeboran selesai.

3. Menggunakan Garam
Menetukan Sumber Air yang banyak bisa juga dengan teknik garam, caranya seperti ini, sekitar pukul 20.00 WIB mengambil garam 1-2 genggam, taruhlah garam tersebut pada titik yang mau dibuat sumur baik sumur bor atau sumur gali.

Kemudian tutup rapat dengan kaleng bekas. Selanjutnya silahkan dilihat garam tersebut pada waktu paginya jika habis atau tinggal sedikit berarti pada titik tersebut kemungkinan besar ada sumber airnya.

4. Analisa kelembapan menggunakan Daun Pisang
Adapun caranya seperti ini, sekitar pukul 21.00 wib ambilah beberapa lembar daun pisang dan taruhlah pada beberapa titik yang mau dibuat sumur baik sumur bor atau sumur gali.

Pada pagi harinya silahkan dilihat embun yang menempel pada daun pisang tersebut (pada bagian bawah daun pisang). Semakin banyak embun yang menempel, semakin besar sumber air dibawah tanah tersebut.

Itulah beberapa cara untuk menentukan Sumber Air sebelum kita membuat sumur bor atau sumur gali. cara diatas untuk teknik menggunakan garam dan analisa kelembapan menggunakan daun pisang hanya untuk memprediksi sumber air yang melimpah bukan untuk menentukan kwalitas air.

Post a Comment for "Cara mendeteksi sumber air"