Jasa Servis Pompa Air Yogyakarta

Layanan Jasa Perbaikan Pompa Air Bantul, Sleman, Kulon Progo, Wonosari dan Yogyakarta


SUMURJOGJA.com  Pompa air merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk menyedot air dengan mudah. Pada umumnya pompa air digunakan untuk memindahkan air dari sumur ke bak mandi. Berbagai model atau merk banyak beredar misalnya Sanyo, Grundfos, Pedrollo, Hitachi, Shimizu, Panasonic, DAB, Wasser dan sebagainya. Meski begitu dalam memasang nya tentu kita harus tahu tips memilih jenis pompa air yang akan digunakan.

Tips dan Trik Membeli Pompa Air
1. Ketahui sumber air terlebih dahulu Maksudnya air yang akan di alirkan apakah dari Sumur Timba, Sumur Bor, Penampungan air atau sumber lain.

2. Spesifikasi daya hisap dan daya dorong Pompa Bandingkan antara tinggi permukaan air dengan daya hisap pompa. Pilih pompa dengan daya hisap lebih tinggi dari jarak permukaan air. Karena daya hisap yang dicantumkan pabrik adalah daya hisap maximal. Sebagai contoh kalau permukaan air kurang dari 7 meter, gunakan pompa dengan daya hisap 9 meter yaitu pompa sumur dangkal. Begitu juga seterusnya pada jarak permukaan air yang lebih tinggi. Untuk daya dorong, kalau jarak pendek sekitar rumah biasanya sudah cukup, tapi kalau jarak jauh di hitung tersendiri. Standard tersebut umumnya sama pada semua merek pompa.

3. Daya listrik Tentu daya listrik disesuaikan dengan listrik terpasang dirumah Anda. Pada umumnya start awal on menyalakan pompa air memerlukan daya listrik 2 kali lebih besar dari daya listrik normal. Hal lain adalah daya listrik pompa lebih tinggi tidak mempengaruhi daya hisap pompa tersebut. Sebagai contoh pompa dengan daya hisap 7 meter dengan listrik 250 watt tidak lebih baik dari pompa dengan listrik 350 watt daya hisap yang sama. Jadi pilih daya listrik lebih rendah agar hemat.

4. Kwalitas dan Harga Kwalitas pompa air banyak ditentukan oleh bahan yang digunakan. Pilih bahan yang tahan karat agar tahan lama seperti stainless steel dll. Bahan berkualitas mempengaruhi harga pompa tersebut. Ini tergantung budget yang Anda punya. Pompa air ada yang harga rendah seperti merek Airlux, Pompe dll. Harga sedang DAB, Panasonic, Shimizu dll. Harga tinggi Sanyo, Grundfos, Hitachi dll. Sekarang tergantung Anda, ingat harga juga menentukan kualitas.

5. Garansi Perhatikan garansi, karena barang yang mempunyai garansi berarti pabrik bertanggung jawab dan menunjukan juga kualitas barang tersebut baik.

Cara Memperbaiki Pompa Air Rusak
1. Pompa Air Mati Total
Beberapa masalah yang paling sering rusaknya pompa air adalah mati total. Penyebabnya bisa jadi saklar rusak, kabel yang putus atau gulungan dinamo terbakar.
Cara memperbaiki untuk Kerusakan
A. Bagian Saklar di cek apa ada kerusakan didalamnya
B. Pada bagian kabel apakah ada yang putus atau tidak, untuk mengeceknya kita bisa menggunakan multimeter
C. Jika kabel masih bagus barulah mengecek bagian dalam Pompa Air, mengenai yang satu ini anda harus tahu jalur-jalur gulungan tersebut.

2. Pompa Air hanya Mendengung saja
Jika mengalami hal tersebut bisa jadi penyebabnya adalah adanya kotoran atau kerak yang menempel dibagian impeler didalam dinamo. Selain itu bisa juga kerusakan disebabkan oleh rusaknya kapasitor nonpolar
Cara memperbaiki masalah ini
A. Kita cek arus dan tegangan yang menyuplai pompa air, apakah kurang dari 200 jika ya coba pakai stabilizer/stavol.
B. Jika belum juga coba bongkar pada bagian blok dan bersihkan bagian impeller jika impeller pecah atau aus maka perlu diganti kemudian tutup kembali biasanya sampai disini penyakitnya sudah ditemukan.

3. Pompa Air hidup tapi Air tidak keluar
Mengenai masalah seperti ini biasanya disebabkan oleh bocornya pipa penyedot sehingga menyebabkan masuk angin,selain itu bisa juga karena filter bocor atau sudah rusak dan yang lebih parah adalah impeller sudah tidak presisi, sehingga tidak mampu menarik air lagi.
Cara memperbaiki masalah ini
A. Cek pipa penyedot dan Filternya
B. Cek seal dan impeller dengan cara membuka blok Pompa Air
4. Pompa Air Lemah
Lemah maksudnya disini adalah putarannya kurang kencang dan airnya mengalir pelan hal ini bisa disebabkan oleh kerusakan kapasitor, bocornya pipa penyedot dan adanya gulungan dinamo yang sedikit konslet.
Cara memperbaiki masalah ini
A. Jika kapasitor yang rusak tentu harus diganti, biasanya berukuran 400/450 Volt 9uF (mikro farad) untuk ukuran Pompa Air Semi Jet Pump
B. Jika pada gulungan tentu harus dibongkar dan digulung kembali.

Subscribe to receive free email updates: