Cara Service Submersible Pump / Pompa Celub

Jasa Servis Pompa Submersible Yogyakarta dan Jawa Tengah

Pompa Submersible atau Pompa Celub
Merupakan suatu pompa yang dioperasikan didalam air, akan mengalami kerusakan jika dioperasikan didalam sumur yang tidak ada airnya.

Pompa Submersible mempunyai tinggi minimal air yang dapat dipompa dan harus dipenuhi ketika bekerja supaya pompa lebih tahan lama. Pompa Sentrifugal merupakan tipe dari Submersible Pump yang prinsip kerjanya mengubah energi kinetis menjadi energi potensial melalui Impeller yang berputar didalam casing.

Cara kerja Submersible Pump berbeda dengan Jet Pump. Submersible Pump cara kerjanya dengan mendorong air kepermukaan sedangakan Jet Pump cara kerjanya menyedot Air kepermukaan.

Submersible Pump disebut juga dengan Pompa Benam atau Electric Submersible Pump (ESP).
Yang mempunyai kelebihan diantaranya sebagai berikut :
1. Biaya Perawatan Rendah
2. Suaranya sangat halus tidak bising
3. Memiliki pendingin alami ( terbenam didalam air)
4. Sistem pompa tidak menggunakan shaft penggerak yang panjang dan bearing jadi keausan bearing shaft tidak terjadi.

Salah satu tanda kerusakan pada Submersible Pump dengan debit air yang kecil, segeralah diperbaiki karena kalau dibiarkan Submersible Pump akan mati atau rusak.

Video dibawah ini salah satu contoh pengangkatan Pompa Submersible yang akan diservis.



Sebenarnya sebelum Submersible Pump rusak sering ditemukannya hal-hal yang bermasalah pada Submersible pump tersebut.

Untuk mengidentifikasi masalah yang terjadi pada Submersible Pump langkah-langkah yang harus dilakukan :
1. Submersible Pump Mati
Hal yang harus kita lakukan dengan mengecek Kapasitor jika sudah tidak berfungsi ganti kapasitor dengan yang baru.

2. Mengecek Ampere
Saat Submersible Pump bekerja dengan mengecek Ampere kabel power saat  submersible pump bekerja. Jika hasilnya lebih besar dari 10 Ampere, maka kemungkinan besar ada seperti :
A. Motor Submersible Pump mendapat beban yang berat karena bukan air yang masuk ke submersible pump melainkan endapan tanah kapur, endapan tanah.
B. Debit Air Sumur Bor Artesis berkurang, sehingga submersible pump bekerja dalam air hanya sebentar dan kering dalam waktu yang lama
C. Bisa juga lilitan kumparan stator pada submersible pump mengalami kerusakan.

3. Rangkaian Submersible Pump harus Standard
Dengan memakai pengaman Sensor Electroda yang berfungsi untuk mendeteksi kedalaman air pada Sumur Bor Artesis. Jika Sensor Electroda dalam keadaan standart, maka turunnya debit air dalam batas tertentu/minimum akan terdeteksi oleh sensor electroda ini, sehingga dengan otomatis akan memutus power ke motor pompa.

4. Mengamati Semburan Air dari Submersible Pump
Debit Air Semburan dari Submeraible Pump makin kecil, kemungkinan besar debit pada sumur bor artesis berkurang atau menurun. Saumpama terjadi semburan air dari submersible pump lemah atau kecil dari awal motor bekerja, kemungkinan besar ada masalah pada motor tersebut.

5. Menaikan Submersible Pump ke Permukaan
Menaikan submersible pump ke permukaan kemudian Periksa kondisi fisik apakah ada benda yang menghambat putaran shaft atau impeller.

6. Melakukan Cleaning pada Submersible Pump
Sebelum melakukan pembersihan/cleaning pada Submersible Pump hal yang paling utama adalah :
A. Dengan memberi tanda terlebih dahulu sepanjang bodi casing penutup impeler guna untuk memastikan posisi pasang seperti awal.
B. Membuka impeller satu persatu kemudian dicuci lalu pasang kembali. Setelah itu buka impeller berikutnya. Periksa kondisi impeller dan shaft. Jika sudah ada yang rusak atau aus diganti baru dengan speart parts yang original.

7. Mengecek Tahanan Lilitan Kumparan pada Rotor
Jika terjadi tahanan menunjukkan nilai yang rendah, menunjukkan kumparan bermasalah. Misalnya: Bocor,Jika saumpama menemui masalah ini harus mengganti dengan pompa yang baru.

8. Submersible Pump setelah dibersihkan
Merakit kembali Sumersible Pump kemudian Test Debit Air yang disemburkan dan Ampere Motor. Jika tidak ada perubahan, jangan diteruskan eksperiment pada Submersible Pump.

Jasa Servis Pompa Celub atau Submersible Pump dari Yogyakarta ini, memiliki Profesionalisme dalam bekerja dan berpengalaman yang sudah teruji dengan cepat akan membantu anda mengatasi permasalahan pada Pompa Submersible yang rusak.

Baca Juga Artikel :
Cara Membuat Sumur Bor Artesis
Cara Membuat Sumur Resapan

Subscribe to receive free email updates: