Cara Mengatasi Sumur Tercemar

Cara Mengatasi Air Sumur Tercemar Bakteri E.coli (Escherichia coli)


SUMURJOGJA.com - Sumber Air sumur kita inginya Jernih, Tak berbau dan tak bewarna tapi tidak sedikit Sumur disekitar kita ada yang tercemar seperti Air pada Sumur Keruh & Berbau, Bewarna Kekuningan atau Air pada Sumur kita Berasa Asin semua itu ada sebabnya.
 
Cara menentukan Letak Sumur yang Benar :
1. Tidak berdekatan dengan Wc, Toilet, Kamar mandi dan saluran air kotor agar tidak terjadi kontaminasi saluran pembuangan dengan jaringan sumur air tanah.

2. Jarak yang tepat untuk memisahkan antara lubang sumur air yang akan dibuat dengan area resapan toilet yang terdekat adalah minimal 5 meter jika tanah di sekitar lokasi adalah tanah liat dan minimal 8 meter jika tanahnya berpasir.

3. Untuk sumur bor hendaknya dipasang pipa cassing mulai dari permukaan tanah hingga kedalaman air untuk menghindari resapan dari air permukaan tanah dan merusak kwalitas sumber air bersih.

A. Air Sumur Keruh dan Berbau
Air pada Sumur tersebut kemungkinan besar Air sudah tercemar dengan Bakteri. Salah satunya bisa disebabkan Sumur Resapan jaraknya terlalu dekat,tercemarnya Air sumur karena Sumur Resapan banyak Bakteri yang terkandung didalam Air, Salah satunya Bakteri E-Coli yang bisa menyebabkan sakit Diare.

Cara Mengatasi :

1. Arang Aktif
Dengan memasukan Arang dari Batok kelapa kedalam karung beras, kemudian ikat dan masukan didalam sumur yang tercemar airnya. Setelah satu bulan arang tersebut diangkat, Kalau Airnya masih keruh & berbau kita masukan lagi arang yang baru dengan cara yang sama.

2. Tawas
Bisa juga menggunakan Tawas jangan terlalu berlebihan karena kandungan Zat Kimia di dalam Tawas bisa membahayakan kesehatan tubuh kita.

3. Biji Kelor
Biji Kelor yang sudah tua diambil di haluskan/ditumbuk jadikanlah serbuk yang halus kemudian larutkanlah pada air yang tercemar.

B. Air Bewarna Kekuningan dan Berbau Karat
Sebagian besar wilayah disekitar kita banyak dikeluhkan kondisi air yang kuning, Bau besi atau bau karat serta mengandung Zat besi ( Fe )
Hal ini dikeluhkan karena sifatnya yang merusak jika digunakan, Kondisi ini banyak merugikan pengguna air biasanya dengan melakukan pengeboran yang lebih dalam Kondisi air yang bewarna Kuning, Bau Besi dapat teratasi.

C. Air Sumur Berasa Asin Kandungan Garam yang Tinggi
Di daerah pesisir pantai kebutuhan air tanah atau air tawar juga sangat tinggi dikarenakan air tanah yang tawar ini merupakan kebutuhan pokok bagi sumber kehidupan penduduk di sekitarnya. Untuk memperoleh air tawar dan bersih yang layak dikonsumsi di lokasi pesisir pantai dengan cara membuat Sumur Bor Artesis kedalaman maksimal 150 meter lebih. Karena pada kedalaman tersebut Air sudah Netral.

Sedikit berbagi pengalaman dalam mengatasi air sumur tercemar, Air Sumur yang Kekuningan, Bau dan Kandungan Garam yang tinggi.

Baca Juga Artikel :
Cara Membuat Sumur Suntik
Cara Membuat Sumur Resapan
Cara Mengatasi Wc Penuh Saluran Tersumbat

Subscribe to receive free email updates: